Jumat, Juli 12, 2024

8 Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Berbagai penyakit tidak menular semakin banyak dialami masyarakat khususnya ketika seseorang semakin berumur.

Beberapa penyakit yang cukup banyak dialami masyarakat adalah penyakit jantung dan stroke.

Stroke adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang para lansia.

Dilansir dari Medical University of South Carolina, sekitar 75 persen orang yang berada diatas 65 tahun dinyatakan mengidap penyakit stroke.

Sementara jantung juga kerap terjadi pada lansia lantaran volume kerja jantung kian menurun sektar 20 hingga 40 persen pada orang-orang berusia lanjut.

Karenanya penting untuk menyimak hal-hal apa saja yang dapat mencegah datangnya penyakit jantung dan stroke.

Agar dapat hidup dengan sehat dan terbebas dari stroke serta penyakit jantung, setidaknya terdapat delapan faktor kunci yang dapat membantu Anda menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Simak 8 cara untuk mencegah sakit jantung dan stroke di usia muda: Beberapa faktor tertentu dapat meningkatkan risiko kesehatan jantung Anda, seperti merokok, penyakit ginjal atau riwayat keluarga penyakit jantung dini.

Mengetahui faktor risiko dapat membantu Anda dan tim perawatan kesehatan Anda memutuskan rencana perawatan terbaik untuk Anda.

Banyak faktor risiko yang dapat diperbaiki dengan perubahan gaya hidup.

Pusatkan rencana makan Anda untuk rutin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, protein nabati, protein hewani tanpa lemak, dan ikan.

Buatlah pilihan cerdas seperti membatasi karbohidrat olahan, daging olahan, dan minuman manis.

Gunakan label fakta nutrisi pada makanan kemasan untuk mengurangi sodium, menambahkan gula dan lemak jenuh, dan menghindari lemak trans.

Aktif melakukan gerakan fisik adalah salah satu cara terbaik untuk tetap sehat, mencegah penyakit, dan menua dengan baik.

Orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik dengan intensitas sedang atau 75 menit aktivitas berat setiap minggu.

Jika Anda sudah aktif, Anda dapat meningkatkan intensitas Anda untuk mendapatkan lebih banyak manfaat.

Jika Anda tidak aktif sekarang, mulailah dengan hanya mengurangi duduk dan lebih banyak bergerak.

Tetap berada pada ukuran berat badan ideal sangatlah sehat untuk Anda.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda perlu merencanakan penurunan berat badan.

Mulailah dengan makan lebih sedikit kalori dan bergerak lebih banyak.

Anda dapat memeriksa indeks massa tubuh (BMI).

Jika Anda memerlukan bantuan, bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang rencana penurunan berat badan.

Jika Anda tidak merokok, vape, atau menggunakan produk tembakau, jangan pernah untuk mencobanya sekalipun.

Penting untuk menjadi catatan bahwa, tidak ada produk tembakau yang aman.

Jika berhenti merokok atau tembakau merupakan tantangan yang cukup berat bagi Anda, mintalah bantuan tim Anda untuk menghentikan kebiasaan tersebut menggunakan metode yang telah terbukti.

Jangan hanya menukar satu sumber tembakau dengan yang lain.

Dan cobalah untuk menghindari asap rokok juga.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, gula darah tinggi, diabetes atau kondisi lain yang menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar, sangat penting untuk bekerja dengan tim perawatan kesehatan Anda dan membuat perubahan gaya hidup.

Banyak kondisi yang dapat dicegah atau dikelola dengan makan lebih baik, aktif, menurunkan berat badan dan berhenti merokok.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, dokter mungkin akan meresepkan statin atau obat lain untuk membantu mengontrol kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.

Minumlah semua obat sesuai petunjuk.

Tapi jangan mengambil aspirin sebagai tindakan pencegahan kecuali Tindakan tersebut berada di bawah instruksi dokter.

Jika Anda belum pernah mengalami serangan jantung atau stroke, aspirin setiap hari mungkin tidak membantu Anda sama sekali dan dapat menyebabkan masalah termasuk risiko pendarahan.

Jika Anda pernah mengalami serangan jantung atau stroke, dokter Anda mungkin ingin Anda mengonsumsi aspirin dosis rendah untuk mengurangi risiko terkena lagi.

Tim perawatan kesehatan Anda dapat membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Rutin berkomunikasi dan membangun kerja sama dalam rencana pencegahan kondisi kesehatan penting untuk dilakukan.

Ajukan pertanyaan dan terbukalah tentang tantangan apa pun yang mungkin Anda hadapi dalam mencoba membuat perubahan yang sehat.

Stres, tidur, kesehatan mental, situasi keluarga, penggunaan tembakau, akses makanan, dukungan sosial, dan masalah lainnya semuanya dapat memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *