Kamis, April 18, 2024

Alasan Kominfo Batal Matikan TV Analog di Jakarta pada 25 Agustus

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) batal mematikan saluran televisi analog atau analog switch off (ASO) di Jakarta.

Semula, pemberlakuan ASO di Jakarta dijadwalkan berlangsung pada 25 Agustus.

Kementerian Kominfo, dalam keterangannya, menyatakan pemerintah tengah mempertimbangkan hasil evaluasi penerapan ASO di beberapa wilayah sebelumnya.

Hasilnya, Komifo akan menyesuaikan sistem pelaksanaan ASO untuk meminimalisasi potensi kendala akses siaran masyarakat.

“Pelaksanaan yang semula diadakan secara bertahap dalam tiga bagian (30 April 2022, 25 Agustus 2022, dan 2 November 2022), diubah menjadi pelaksanaan ASO berdasarkan kesiapan wilayah, dengan target seluruh siaran televisi analog di Indonesia harus sudah bermigrasi sebelum 2 November 2022,” ujar Kominfo dalam keterangan tertulis, Kamis, 25 Agustus 2022.

Penghentian siaran televisi analog nasional akan dilaksanakan paling lambat pada 2 November 2022.

Ketentuan itu diatur dalam Pasal 60A Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Sebelumnya, terdapat 31 wilayah yang termasuk daftar penghentian ini.

Puluhan wilayah itu mencakup kabupaten atau kota di DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Singkawang, Solo, Semarang, dan Medan.

Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Marullah Matali menyatakan mendukung serta turut mensosialisasikan program ini kepada warganya.

“Pemerintah provinsi DKI Jakarta terus mendukung pelaksanaan amanah Undang-undang dengan harapan Program Nasional Analog Switch Off (ASO) ini dapat terlaksana sesuai dengan target,” kata dia, 19 Agustus lalu.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik tidak henti-hentinya mensosialisasikan manfaat migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital melalui berbagai platform media yang dimiliki oleh Pemprov DKI.

Dia berharap kegiatan ini dapat menciptakan pemahaman positif terhadap program ASO.

BISNIS | MARIA FRANSISCA LAHUR Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *