Jumat, Juli 12, 2024

Cacar Monyet Merambah Indonesia, Ini Langkah-langkah Kemenkes

Jepara -Kasus cacar monyet di DKI Jakarta telah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan RI.

Kasus pertama di Indonesia ini menyerang seorang pria berusia 27 tahun.

Dilansir dari Antara, pria tersebut sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri, yakni Eropa Barat dan memiliki gejala demam dan ruam di beberapa bagian tubuh.

Pasien yang terkonfirmasi ini memiliki gejala ringan dan tak perlu dirawat di ruang isolasi, namun hanya diminta isolasi mandiri di rumah.

Pasca ditemukannya kasus terkonfirmasi cacar monyet ini, Kementerian Kesehatan atau Kemenkes bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pelacakan kontak erat terhadap pasien tersebut.

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril menyebutkan pemerintah telah melakukan berbagai upaya mencegah penyebaran virus cacar monyet ini dengan melakukan deteksi, pencegahan serta edukasi kepada masyarakat.

Ia mengingatkan masyarakat untuk menjaga kontak dengan orang yang bergejala cacar monyet.

Sebab penyebaran cacar monyet dapat melalui dengan kontak langsung maupun benda-benda yang sempat bersentuhan dengan penderita.

Selain itu Kementerian Kesehatan juga telah memberikan pedoman penanganan kasus monkey pox ini kepada Dinas Kesehatan, rumah sakit dan Puskesmas di seluruh Indonesia.

Pihaknya juga telah menyediakan dua laboratorium pemeriksaan PCR yaitu laboratorium rujukan nasional BKPK Kementerian Kesehatan dan Institut Pertanian Bogor.

Selanjutnya direncanakan akan ditambah 10 laboratorium yang ditempatkan sesuai dengan pintu masuk perkiraan virus ini.

Kementerian Kesehatan juga telah menyiapkan 1200 reagen yang ditujukan kepada rumah sakit yang sudah mampu melakukan PCR agar dapat dilakukan pemeriksaan segera tanpa mengirimkan terlebih dahulu ke Jakarta.

Menteri kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan menyebutkan penularan cacar monyet jauh lebih sulit jika dibandingkan COVID-19.

Penularan monkey pox terjadi apabila sudah bergejala, lain halnya dengan COVID-19 yang tanpa gejala bisa menular pada orang lain dengan imunitas tubuh yang lemah.

Disebutkannya, disiplin menjaga protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan masih menjadi cara yang tepat dan aman untuk dijauhkan dari cacar monyet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *