Minggu, Mei 19, 2024

Pencarian Mobil Listrik di Google Melesat 300 Persen, Begini Penjelasannya

Data Google Trends di Indonesia mencatat lonjakan pencarian merek mobil listrik.

Tidak tanggung-tanggung, peningkatannya mencapai 300 persen selama 2020 hingga 2021.

Menurut Industry Analyst Google Indonesia Karlina Ayuningtyas pengakses menggunakan Google Search dan YouTube untuk memulai dan menyelesaikan perjalanan pembelian mereka.

Pencarian merujuk pada kombinasi mobil listrik dan mobil hybrid.

“Orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya,” kata Karlina dalam acara Google Media Briefing: The Automotive Industri and the Road to Recovery hari ini, Selasa, 9 Agustus 2022.

Google juga mencatatkan penelusuran topik mobil hybrid meningkat 53 persen selama periode yang sama.

Sedangkan pencarian kata kunci mobil listrik naik 60 persen di YouTube.

Selama Agustus 2021 sampai Juli 2022, pencarian “kendaraan listrik” di Google tercatat 30 persen lebih tinggi daripada penelusuran “SUV” dan “Hatchback.” Selama periode yang sama juga penelusuran “motor listrik” di YouTube naik 85 persen.

Penelusuran untuk “dealer” terdekat naik 43 persen esnselama periode yang sama, diikuti kata kunci “harga EV” yang meningkat 35 persen, kata kunci “harga mobil hybrid” naik 29 persen, serta penelusuran di YouTube untuk “kreator konten otomotif” naik 16 persen.

“Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen baru, yang 90 persen di antaranya mencari informasi kendaraan listrik secara online,” ucap Karlina.

Peningkatan minat masyarakat terhadap kendaraan elektrifikasi ini diakui Toyota.

General Manager Marketing Planning and New Business Toyota Astra Motor Lina Agustina mengatakan peningkatan minat terhadap kendaraan listrik terlihat dari peningkatan penjualan mobil listrik Toyota.

“Penjualan mobil listrik Toyota sekarang bisa stabil mencapai lebih dari 1.000 unit per tahun,” ucap Lina dalam Media Briefing tersebut.

Total, Toyota menjual lebih dari 6.500 unit mobil listrik dan mobil hybrid di Indonesia.

Toyota akan menyediakan lebih banyak produk mobil listrik mulai hybrid, Plug-in Hybrid (PHEV), hingga Battery EV untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *