Jumat, Juni 21, 2024

Sejarah Berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen Malang, Kampus Kesehatan Pertama di Kota Malang

Sejarah Berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen Malang, Kampus Kesehatan Pertama di Kota Malang

Institut Teknologi, Sains, dan Kesehatan (ITSK) RS dr. Soepraoen Malang memiliki sejarah panjang sebagai kampus kesehatan pertama di Kota Malang. Berdirinya institusi ini tidak terlepas dari keberadaan Rumkit Tk.II dr. Soepraoen sebagai institusi kesehatan Angkatan Darat yang pernah menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan untuk memenuhi kebutuhan personil di lingkungan Angkatan Darat dan masyarakat.

Rumkit Tk.II dr. Soepraoen telah menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan ribuan lulusan dalam berbagai jenis pendidikan paramedis. Beberapa lembaga pendidikan yang dikelola oleh Rumkit Tk.II dr. Soepraoen antara lain Sekolah Paramedis Juru Rawat, Pendidikan Paramedis Bidan, Pendidikan Paramedis Pengamat Kesehatan, dan Sekolah Paramedis yang meliputi Bidan, Perawat, Pengamat Kesehatan, dan Juru Kesehatan.

Sejarah Berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen Malang, Kampus Kesehatan Pertama di Kota Malang

Pada tahun 2005, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI, Politeknik Kesehatan RS dr. Soepraoen didirikan dengan penggabungan program studi Kebidanan (DIII) dari Unmer YPTM dan Akper dr. Soepraoen. Poltekkes RS dr. Soepraoen telah meluluskan lebih dari 3000 mahasiswa dengan program studi D-III Keperawatan, D-III Kebidanan, dan D-III Akupunktur.

Dalam perkembangannya, Poltekkes RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang ditingkatkan statusnya menjadi Institut Teknologi, Sains, dan Kesehatan (ITSK) RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI. ITSK RS dr. Soepraoen merupakan institusi pendidikan tinggi tenaga kesehatan yang berada di bawah naungan Yayasan Wahana Bhakti Karya Husada.

ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan akademik dan vokasi dibidang kesehatan. Lulusan akademik merupakan lulusan profesional akademik sarjana, sedangkan lulusan vokasi adalah tenaga kesehatan profesional sarjana pemula dan terapan yang handal. Tujuan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia bidang kesehatan baik di masyarakat maupun di lingkungan TNI AD.

Pejabat pimpinan ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang juga memiliki peran penting dalam pengembangan institusi ini. Beberapa pejabat pimpinan yang pernah menjabat antara lain Mayor Ckm Sudarmanto, SM, Mayor Ckm drg. Achmad S. Amin, MM, Mayor Ckm Dudung Kusnadi, SKp, MPd, Kol. (Purn) dr. Chaidir Karnanda, SpPD, Letkol Ckm dr. Nirawan Putranto, Sp.M, Kol. Ckm (Purn) dr. I Putu Gde Santika, M.Si, dan Letkol Ckm Arief Efendi, SMPh, SH, S.Kep, Ners, MM, M.Kes.

Lokasi ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang berada di Jl. Sodanco Supriadi no. 22 Malang dan berbagi lokasi dengan Rumkit Tk.II dr. Soepraoen. Rumkit Tk. II dr. Soepraoen juga menjadi tempat praktek dan penelitian utama bagi mahasiswa ITSK RS dr. Soepraoen. Selain itu, mahasiswa ITSK RS dr. Soepraoen juga melakukan praktik di berbagai fasilitas kesehatan lainnya seperti RSU Dr. Saiful Anwar Malang, RSUD Kota Blitar, RSUD Kabupaten Malang, RSUD Kota Batu, RSUD Bangil, RSUD Kabupaten Pasuruan, dan banyak lagi.

ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang telah mempersiapkan pembangunan gedung kampus baru beserta asrama mahasiswa yang berdampingan dengan area Rumkit Tk.II dr. Soepraoen. Hal ini bertujuan untuk memperluas kapasitas dan meningkatkan kualitas pendidikan serta memberikan fasilitas yang lebih baik bagi mahasiswa.

Sebagai kampus kesehatan pertama di Kota Malang, ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di dunia kesehatan. Dengan sejarah yang panjang dan pengalaman yang kaya, institusi ini menjadi pilihan terbaik bagi para calon tenaga kesehatan yang ingin mengembangkan karier mereka dalam dunia kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *